Jangan Biarkan Kesempatan Hilang...segera Gabung di Bisnis Online yang Akan Booming ..Klik : www.superbambang.co.cc
Pengharapan itu sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita yang telah dilabuhkan sampai kebelakang tabir.
- Terus mengharapkan yang terbaik, maka kita akan menghasilkan yang terbaik.
- Jangan bersungut-sungut tetapi mengucap syukurlah senantiasa.

Rabu, 27 Mei 2009

Kemampuan Mengangkat

Saya pernah ditanya oleh seseorang tentang kemampuan manusia mengangkat. Tentu yang dimaksud adalah mengangkat secara manual. Juga saya pernah baca tentang hal ini di modul pelatihan terbitan Depnaker. Dilarang mengangkat beban secara manual di atas 50 kg.

Dalam prakteknya, entah ini kemampuan yang luar biasa atau bukan. Ayah saya yang dulu pedagang beras dan mempunyai beberapa anak buah spesialis mengangkat dan menurunkan karung beras yang berisi kurang lebih 100kg. Mereka mampu. Dan dapat dipastikan bahwa ayah saya tidak tau soal angkat mengangkat secara terori ini. Apalagi saya waktu itu masih sepantaran abg yang baru mekar, mungkin kelas 5 sekolah dasar (saya lupa-lupa ingat tahunnya).

Saya pun pernah membaca tentang kemampuan manusia Indonesia mengangkat yang didapat dari percobaan. Namun tidak selengkap apa yang akan saya sertakan di dalam tulisan ini. Daftar tersebut bisa menjadi acuan. Dan logis bahwa kemampuan mengangkat secara rata-rata dari seorang lelaki jauh lebih besar ketimbang seorang perempuan. Kalau pun ada yang kekuatannya melebihi lelaki itu urusan lain – dan simpulkan sendiri setelah melihat tabel yang di bawah ini.

Mari kita simak data-data dari tabel yang mencantumkan kemampuan manusia mengangkat beban secara manual. Ini tentu data rata-rata yang diperoleh. Terserah kita merujuk ke standar yang mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar